Rabu, 27 Maret 2013

Perbandingan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Di Korea dan Indonesia



       Bicara tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Korea dan di Indonesia dapat kita lihat dari berbagai segi dari bidang tersebut. Ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan bagian terpenting dalam perkembangan suatu Negara, terutama di era globalisasi seperti saat ini, dimana segala sesuatunya menjadi serba transparan.
            Di era globalisasi seperti sekarang ini dibutuhkan segala sesuatu yang dapat mempermudah manusia dalam melakukan aktifitas. segala sesuatunya dilakukan dengan prinsip kepraktisan dan tidak mengenyampingakan keamanannya.
            Di Korea perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah sangat pesat. Korea sekarang berdiri sejajar dengan Negara-negara maju lainnya. Korea dapat seperti sekarang ini tidak lepas dari lembaga-lembaga riset yang dimilikinya. Korea memiliki belasan lembaga riset yang selalu melakukan penelitian untuk menemukan hal-hal atau sesuaut yang baru. Berbeda halnya dengan Indonesia, lembaga penelitian di Indonesia bisa dikatakan jauh dari cukup.
            Perkembangan dari ilmu pengetahuan dan teknologi suaut Negara tidak lepas dai kualitas yang dimiliki oleh manusianya. Sumber daya menusia yang dimiliki harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Salah satu penunjangnya ialah lembaga pendidikan, khususnya dalam hal ini Universitas atau Perguruan Tinggi.
            Sebenarnya, dalam hal jumlah sumber daya manusia, Indonesia tidak kalah dari Korea. Indonesia yang mememiliki jumlah penduduk lebih dari dua ratus juta jiwa seharusnya dapat lebih maju di bandingkan Korea yang memilki jumlah penduduk yang lebih sedikit. Namun, hal unu berbanding terbalik. Ini kurangnya perhatian pemerintah dalam pemanfaatan sumber daya manusia yang dimiliki.
            Secara kualitas memang tidak semua sumber daya manusia yang dimiliki Indonesia berada di bawah sumber daya manusia yang dimiliki korea. Hal ini dapat kita buktikan dengan banyaknya putra-putri Indonesia yang mendapatkan pengahargaan dalam ajang internasional, terutama dalam bidang sains. Namun sekali lagi yang dipertanyakan adalah perhatian pemerintah terhadap mereka. Bisa jadi dengan pemanfaatan sumber daya menusia yang baik, kelak Indonesia dapat berdiri sejajar dengan Negara maju seperti Korea dan Jepang


Republik Korea (bahasa KoreaDaehan Minguk(Hangul: 대한민국; Hanja: 大韓民國); bahasa Inggris:Republic of Korea/ROK) biasanya dikenal sebagaiKorea Selatan, adalah sebuah negara di Asia Timuryang meliputi bagian selatan Semenanjung Korea. Di sebelah utara, Republik Korea berbataskan Korea Utara, di mana keduanya bersatu sebagai sebuah negara hingga tahun 1948. Laut Kuning di sebelah barat,Jepang berada di seberang Laut Jepang (disebut "Laut Timur" oleh orang-orang Korea) dan Selat Korea berada di bagian tenggara. Negara ini dikenal dengan namaHanguk (한국; 韓國. oleh penduduk Korea Selatan dan disebut Namchosŏn (남조선; 南朝鮮; "ChosŏnSelatan") di Korea Utara. Ibu kota Korea Selatan adalahSeoul (서울).Penemuan arkeologis menunjukkan bahwaSemenanjung Korea telah didiami sejak Masa Paleolitik Awal. Sejarah Korea dimulai dari pembentukanGojoseon pada 2333 SM. oleh Dan-gun. Setelah unifikasi Tiga Kerajaan Korea dibawah Silla pada 668 M,Korea menjadi satu dibawah Dinasti Goryeo dan Dinasti Joseon hingga akhir Kekaisaran Han Raya pada 1910 karena dianeksasi oleh Jepang. Setelah liberalisasi dan pendudukan oleh Uni Soviet dan Amerika Serikat pada akhir Perang Dunia II, Wilayah Korea akhirnya dibagi menjadi Korea Utara dan Korea Selatan.


1 komentar:

Fanart Winner Everyday

Hallo..... Kali ini aku buat Fanart nya Winner nih. Siapa yang suka boyband satu ini?? Mereka baru aja comeback tanggal 4 April lalu y...